Beranda > psikologi > Sangunis, Melankolis, Koleris, Plegmatis..

Sangunis, Melankolis, Koleris, Plegmatis..

Saat ngebaca sebuah blog, si penulis menyebut dirinya melankolis dll..saya jadi teringat sama tes kepribadian yg pernah saya lakukan taun 2004 yg lalu..hmm..udah hampir 3 tahun.

Saya ngga tau apakah dengan bertambahnya usia, pengalaman, kedewasaan..hasil tes akan bisa berubah..yg jelas saya jadi penasaran..dan hari ini saya surfing nyari2 info tentang tes tersebut.

Diantaranya yang ini:

Tiap saat kita berhadapan dengan bermacam-macam situasi. Terutama ketika berhubungan dengan orang lain.

Sebagai pemimpin, mengertikah kita bagaimana cara `membakar’ motivasi para pegawai kita? Sebagai ibu, kita sering bingung nggak habis pikir plus pusing oleh watak keras kepala anak-anak kita?! Tak jarang pula, sebagai suami kita terus-terusan bertengkar sama istri yang padahal juga kita sayangi dan cintai?Adakah `zat kimia’ tertentu atau pola tertentu yang mempengaruhi sifat, sikap dan reaksi kita dan merasa dalam menghadapi berbagai situasi… sehingga kita bisa lebih berdamai dan mengerti mengapa semua reaksi itu terjadi? Bukankah akan lebih nikmat hidup ini kalau kita satu sama lain saling memahami?

Florence Litteur, penulis buku terlaris “Personality Plus” menguraikan, ada empat pola watak dasar manusia. Kalau saja semua sudah kita pahami, kita akan sangat terbantu sekali dalam berhubungan dengan orang lain.Kita akan jadi mengerti mengapa suami kita tiba-tiba marah sekali ketika meja kerjanya yang berantakan kita atur rapi. Kita juga akan mudah memahami mengapa pegawai kita gampang sekali berjanji… dan hebatnya dengan mudah pula ia melupakannya, “Oh ya, saya lupa”katanya sambil tertawa santai. Kita juga akan mudah mengerti mengapa istri kita nggak mau dengar sedikitpun pendapat kita, tak mau kalah,cenderung mempertahankan diri, selalu merasa benar dengan pendapatnya dan makin sengit bertengkar kalau kita mau coba-coba untuk mengalahkannya.

Yang pertama, kata Florence adalah golongan Sanguinis, “Yang Populer”. Mereka ini cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Mereka senangsekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia bisa jadi menangis tersedu-sedu.

Namun orang-orang sanguinis ini sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek’, dan hidupnya serba tak beratur. Jika suatu kali anda lihat meja kerja pegawai anda cenderung berantakan, agaknya bisa jadi ia sanguinis. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi bikin planning/rencana. Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga.

Lain lagi dengan tipe kedua, golongan melankoli, “Yang Sempurna”. Agak berseberangan dengan sang sanguinis. Cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankoli cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.

Orang melankoli selalu ingin serba sempurna. Segala sesuatu ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang `melankoli’ tak `kan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi. Dan jangan pula coba-coba mengubah isi lemari yang telah disusun istri `melankoli’ anda, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Kalau perlu ia tuliskan satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain.

Ketiga, manusia Koleris, “Yang Kuat”. Mereka ini suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang. Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan tamu pun bisa sajaia `suruh’ melalukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy’ itu membuat banyak orang koleris tak punya banyak teman. Orang-orangberusaha menghindar, menjauh agar tak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan tak mau kalah itu.

Orang koleris senang dengan tantangan, suka petualangan. Mereka punya rasa, “hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya; tanpa saya berantakan semua”. Karena itu mereka sangat “goal oriented”,tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi…” maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, tak mudah pula mengalah.

Hal ini berbeda sekali dengan jenis keempat, sang Phlegmatis “Cinta Damai”. Kelompok ini tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, sekalipun ia sendiri nggak suka. Baginya kedamaian adalah segala-galanya. Jika timbul masalah atau pertengkaran, ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya nggak terus berkepanjangan.

Kaum phlegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin. Cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah parapendengar yang berkerumun itu orang-orang phlegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sang Sanguinis.

Kadang sedikit serba salah berurusan dengan para phlegmatis ini. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin nggak jalan”. Jadi kalau anda punya staf atau pegawai phlegmatis, andaharus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri oleh dirinya.

Mencoba Mengerti Orang Lain

Nah, sekarang anda masuk golongan mana? Coba amati istri, suami atau anak-anak anda, mereka golongan apa? Jangan-jangan anda sekarang mulai mengerti mengapa suami-istri-anak-rekan anda bertingkahlaku “seperti itu” selama ini. Dan anda pun akan tertawa sendiri mengingat-ingat berbagai perilaku dan kejadian selama ini.

Ya, tapi apakah persis begitu? Tentu saja tidak. Florence Litteur, berdasarkan penelitiannya bertahun-tahun telah melihat bahwa ternyata keempat watak itu pada dasarnya juga dimiliki setiap orang. Yang beda hanyalah `kadar’nya. Oleh sebab itu muncullah beberapa kombinasi watak manusia.

Ada orang yang tergolong Koleris Sanguinis. Artinya kedua watak itu dominan sekali dalam mempengaruhi cara kerja dan pola hubungannya dengan orang lain. Di sekitar kita banyak sekali orang-orang koleris sanguinis ini. Ia suka mengatur-atur orang, tapi juga senang bicara (dan mudah juga jadi pelupa).

Ada pula golongan Koleris Melankolik. Mungkin anda akan kurang suka bergaul dengan dia. Bicaranya dingin, kalem, baku, suka mengatur, tak mau kalah dan terasa kadang menyakitkan (walaupun sebetulnya iatak bermaksud begitu). Setiap jawaban anda selalu ia kejar sampai mendalam. Sehingga kadang serasa diintrogasi, sebab memang ia ingin sempurna, tahu secara lengkap dan agak dingin. Menghadapi orang koleris melankolik, anda harus fahami saja sifatnya yang memang `begitu’ dan tingkatkan kesabaran anda. Yang penting sekarang anda tahu, bahwa ia sebetulnya juga baik, namun tampak di permukaan kadang kurang simpatik, itu saja.

Lain lagi dengan kaum Phlegmatis Melankolik. Pembawaannya diam, tenang, tapi ingat… semua yang anda katakan, akan ia pikirkan, ia analisa. Lalu saat mengambil keputusan pastilah keputusannya berdasarkan perenungan yang mendalam dan ia pikirkan matang-matang.

Banyak lagi tentunya kombinasi-kombinasi yang ada pada tiap manusia. Akan tetapi yang penting adalah bagaimana memanfaatkannya dalam berbagai aktivitas hidup kita. Jika suami istri saling mengerti sifat dan watak ini, mereka akan cenderung berusaha `memaafkan’ pasangannya. Lalu berusaha untuk menyikapinya secara bijaksana.

Begitu pula saat menerima calon pegawai. Untuk bidang-bidang yang membutuhkan tingkat ketelitian dan keteraturan yang tinggi, jauh lebih baik anda tempatkan orang-orang yang melankolik sempurna. Sedang di bagian promosi, iklan, resepsionis, MC, humas, wiraniaga, tentu jauh lebih tepat anda tempatkan orang-orang sanguinis. Lalu jangan posisikan orang-orang phlegmatis di bagian penagihan ataupun penjualan. Hasilnya pasti akan amat mengecewakan.

Begitulah, manusia memang amat beragam. Muncul sedikit tanda tanya, diantara semua watak itu, mana yang paling baik? Jawabannya, menurut Florence, tak ada yang paling baik. Semuanya baik. Tanpa orangsanguinis, dunia ini akan terasa sepi. Tanpa orang melankoli, mungkin tak ada kemajuan di bidang riset, keilmuan dan budaya. Tanpa kaum koleris, dunia ini akan berantakan tanpa arah dan tujuan. Tanpa sang phlegmatis, tiada orang bijak yang mampu mendamaikan dunia.

Yang penting bukan mana yang terbaik. Sebab kita semua bisa mengasah keterampilan kita berhubungan dengan orang lain (interpersonal skill). Seorang yang ahli dalam berurusan dengan orang lain, ia akan mudah beradaptasi dengan berbagai watak itu. Ia tahu bagaimana menghadapi sifat pelupa dan watak acaknya kaum sanguinis, misalnya dengan memintanya untuk selalu buat rencana dan memintanya melakukansegera. Ia jago memanas-manasi (menantang) potensi orang koleris mencapai goal-nya, atau `membakar’ sang phlegmatis agar segera bertindak saat itu juga.”Inilah seninya”, kata Florence “dalam berinteraksi dengan orang lain”. Tentu saja awalnya adalah, “Anda dulu yang harus berubah”. Belajarlah jadi pengamat tingkah laku manusia…(lalu tertawalah)!

Oke,..menurut anda saya tipe yang manakah?

tunggu postingan berikuntnya..:)

Belum tau kira2 kepribadian anda? Coba lakukan tes disini..yah hasilnya bisa memberikan sedikit gambaran..

Kategori:psikologi
  1. LeftClick
    Agustus 30, 2007 pukul 4:39 am

    Koleris, itulah daku :D

    • Mo
      Desember 26, 2009 pukul 11:13 am

      aku juga, plus melankolis

  2. Agustus 30, 2007 pukul 5:00 am

    kalau begitu sama dengan saya dong..:)

    • ruster
      Desember 28, 2009 pukul 12:38 am

      menrtq ak sanguinis

  3. zin
    November 20, 2007 pukul 4:45 am

    kok diantara ke-empat tipe tadi, gak ada yang dominan pada diri saya ya? kadang-kadang sanguin, melankolik juga gak jarang, pernah juga koleris, plegmatis juga pernah. tipe apakah saya?

    • badrun biker kampung
      Desember 24, 2010 pukul 3:38 am

      kepribadian ganda

    • Agustus 7, 2011 pukul 4:27 pm

      tapi anda pasti memiliki kepribadian yg dominan di antara keempatnya. mnrt anda mnkah yg dominan pd diri Anda??

  4. November 22, 2007 pukul 7:35 am

    @zin
    keempat tipe kepribadian itu ga mutlak, dan ga dominan..jadi bisa aja ada orang2 yang kepribadiannya masuk ke semua tipe.

    yang paling penting adalah bagaimana kita mengenali diri dan me-manage kepribadian kita supaya selalu bisa jadi orang yang baik dan menyenangkan.. :)

  5. angelia
    November 27, 2007 pukul 8:43 am

    melankolis sanguinis, itu gw banged.. :D

    • fa_ul
      Juni 26, 2009 pukul 4:08 am

      hmm…setau gw pas baca buku itu, setiap orang itu perpaduan dari dua dari empat sifat di atas..
      tapi bukan perpaduan dari yang berlawanan.. (kalau secara teori dan di beberapa sifat)

      kaya melankolis berlawanan sama sanguinis (misalnya lo gak mungkin berpikir pendek, gak teratur, kaya sanguinis tapi lo juga penuh pemikiran dan teratur kaya melankolis)

      juga kaya koleris sama plegmatis..

      setelah gw baca bukunya sih seperti itu..dan itu sifat dasar manusia, klopun bisa kadang2 berpikir pendek dan kadang2 pemikir, itu pasti ada salah satu yang di tahan, atau ada yang kelepasan..cuma sifat dasar manusia pasti satu, cuma kadang ada yang bisa bersifat lain akibat introsperksi diri ada yang di biarin aja..ya seperti itu menurut gw loh ya.. CMIIW

      • Riva
        Februari 7, 2012 pukul 8:34 pm

        Kalo dibuku saya sh ada..kalo kebalikan gt berarti potret pribadi sulit ini dari buku pumping your talent :D cmiiw

  6. November 28, 2007 pukul 1:29 am

    @angelia
    salam kenal, terima kasih sudah berkunjung. Wah, bisa diceritain tuh sisi menonjol tt melankolis sanguinis.. :)

    • tya
      Januari 7, 2012 pukul 3:33 am

      Wah sepertinya saya lebih cendrung flegmatis koleris dech….
      ….
      kombinasi yang g bertentangan kan ya..????
      hmmmm…
      to be better.. :>

  7. Desember 1, 2007 pukul 5:25 am

    Hm..kalo saya mungkin lebih ke melankolis plegmatis… habis kalau ngerjain sesuatu harus perfect dan nggak suka dengan konflik

  8. Desember 3, 2007 pukul 6:30 am

    @alhakim
    semua kepribadian punya keunikan masing2..
    kalo anda melankolis plegmatis, bisa dioptimalin saat ada pekerjaan yang butuh profesionalitas tinggi..
    Terima kasih sudah berkunjung..Salam kenal..

  9. Desember 4, 2007 pukul 7:38 am

    Kak orang psikologi yah?

    wah saya baca2 ternyata ada tiga tipe yang rasanya saya banget,

    Paling saya banget: phlegmatis, melankolis
    agak saya banget: koleris
    Kurang saya banget: Sanguin

  10. nova
    Desember 12, 2007 pukul 1:11 pm

    aku orangnya melankolis plegmatis,,

    Eh, giman dunk biar bisa ngendaliin sifat aku yang perfectionis bgt, jadin kadang suka sebel ma orang2 sekitar???!!!

  11. Desember 13, 2007 pukul 2:37 am

    @ oscarz
    Kalo udah tau pribadi kita, jadinya kita tau gimana ningkatin hal2 yang udah baik, n gimana ngendaliin yang kurang baik supaya jadi lebih baik :)

    @nova
    punya sifat perfeksionis emang kadang susah ditolerir kalo kerjasama sama orang lain. Yang penting tuh kamu bisa menyadari kalo ga semua orang se-perfek kamu, kalo setiap orang punya pripadi yang beda, dan sebagai makhluk sosial kita dituntut tuk bisa beradaptasi ke smuanya..jadi ga kesel2an sendiri

  12. abid habibi
    Desember 30, 2007 pukul 12:55 pm

    kl gw melankoli koleris,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,ada yg mau gak ya cewe2

  13. wong
    Januari 15, 2008 pukul 9:05 am

    katanya gw “melancholy choleric”.

    keuntungannya apa?

    kelemahannya apa?

  14. Januari 20, 2008 pukul 2:44 am

    @ abid habibi
    tiap orang punya pasangan..dengan kepribadian yang bisa saling mengisi. Jadi..jangan takut ga punya pasangan kalo kepribadian kita A atau B..yang penting tuh gimana kita bisa saling mengisi nantinya, n bisa menerima kekurangan n kelebihan masing2 :)

    @wong
    Melancholy Choleric..
    hmm..stau saya melankolis itu suka perfeksionis gitu, kalo ditambah kolerik yang bisa dibilang ambisius n pantang nyerah.. mnurut saya itu bisa jadi suatu power besar tuk mencapai cita2 n harapan.

    kelemahannya..melankolis mudah banget masukin sesuatu ke hati, sensitif. sementara dia pefeksionis. Kalo dikit2 sensitif n tersinggung, bisa merusak mood n bisa mempengaruhi kerja.

  15. ZzZzz
    Februari 9, 2008 pukul 7:24 pm

    Dulu waktu SMA saya sanguinis-plegmatis, tapi lebih dominan sanguinis (sangat sanguinis). KTetapi akhir2 ini plegmatis itu digantikan oleh koleris. Hampir tidak ada sisi melankolis & plegmatisnya.
    kira2 keuntungan & kelemahannya apa??
    truss kata orang, kita bisa disebut “dewasa” ketika kita bisa menyeimbangkan keempat2nya, bagaimana menurut pendapat anda?? haruskah seperti itu??

  16. Februari 12, 2008 pukul 2:56 am

    @ ZzZzz

    Saya percaya kalo kepribadian bisa dipengaruhi waktu, lingkungan, usia, dll. jadi kalo dulu waktu sma anda tipenya A atau B dan skrang jadi C atau D, mnurut saya itu wajar..dalam rangka pencarian jati diri kita yang sesungguhnya.

    Ga ada yang salah dr tiap tipe kepribadian, tinggal gimana kita bisa nonjolin hal2 baiknya. Kalo skrang anda berubah jd koleris, saya kira tetap ada sisi posotifnya. Orang koleris itu punya sifat memimpin yang sangat kuat, dia suka ngatur..tapi karna emang dia punya kemampuan. Jadi kalo kita punya potensi itu, sebaiknya dikembangkan misalnya lewat organisasi2 supaya makin terasah. Dan bisa dipake di kehidupan2 kita berikutnya.

    Dewasa menurut saya bisa melihat dan menempatkan sesuatu sesuai dengan porsinya, sesuai dengan kemampuan kita juga. Kalo hubungannnya dengan keempat tipe itu, saya kira ada benarnya juga. Contoh kasus kalo misalnya kita lagi menghadapi sebuah persoalan, tiap tipe kepribadian pasti punya cara sendiri2 tuk ngadepinnya. Nah..mnurut saya dewasa itu terletak distu, gmana saat menghadapi persoalan2 itu kita bisa berpikir positif n mengambil solusi sesuai porsi masalah n kemampuan serta cara terbaik yang mnurut kita paling sesuai.

    Oh ya, makasih kunjungannya :)

  17. blackburry
    Maret 11, 2008 pukul 9:13 am

    aq sendiri saat ini lagi ngerasa melankoliknya bener2 lg naik, nah … jadinya bawaannya negatif mulu. tapi da orang yang bilang “hah, ngga selamAnya kok melankolik itu kyk ggtu… melankolik tu tipe2 orang yang punya sisi kehidupan yang unik:D … dan sang melankolik bs ja jadi koleris … pasti da dikit deh prosentasenya …. soalnya di buku personality plus ja dibilangin kalau melankolik adalah orang yang punya kekuatan besar buat sukses”

  18. goehatake_89
    Maret 11, 2008 pukul 12:51 pm

    sanguinis itu gw banget dechhh

  19. teguh
    Maret 11, 2008 pukul 12:54 pm

    sanguinis itu gw banget dechhhhhhhhhhhh

  20. ah no name (baca:anonim)
    April 2, 2008 pukul 8:39 am

    Gue : Melankolis – Plegmatis
    Suami : Koleris – Sanguinis

    Ini yang namanya saling melengkapi, hihihi…=P

  21. resti
    April 3, 2008 pukul 6:21 am

    klo master altruis, gmana kepribadian nya???
    katanya master altruis itu kan gabungan dari sifat-sifat dasar sanguinis, koleris, melankolis, dan phlegmatis…
    jadi spt ap kepribadian master altruis itu???
    yg baca post ini,,plizt reply…!!!

  22. joe
    Mei 3, 2008 pukul 3:17 am

    yup…. saya jg kayaknya master altruis.. pernah tes hasilnya total nilai untuk 4 kriteria itu 9-10-12-9 total 40 untuk sanguin-koleris-melankolis-pleghmatis….
    ada yg tau gk artinya ini???

    • ahmad sidik
      November 11, 2013 pukul 8:17 am

      berarti sifatmu melankolis-koleris elemennya tanah dan apiseperti deidara

  23. canTikkk
    Mei 3, 2008 pukul 9:43 am

    klo gw uda yakin seratus persen klo gw itu orang yang melankolis pregmatik..dan kadang gw merasa ga nyaman dengan karakter gw.gw jdi susah klo harus bergaul dengan banyak orang n keramaian..n orang2 cenderung bilang gw ga berekspresi, pendiam, pemurung, sombong, n ga gaul…padahal sebenarnya gw itu orangnya ga pendiam2 amat..klo sama orang yang uda dekat, gw bisa jadi berisik banget. walaupun gw akui kadang2 gw males klo harus berdebat n ngomong yang ga penting sama orang lain..

  24. penQ
    Mei 23, 2008 pukul 6:03 pm
  25. revHalia
    Mei 30, 2008 pukul 1:56 am

    kalo aku merasa aku yipe manusia yang sanguinis,yang penuh dengan keceriaan akan tetapi aku sangat… selalu untuk bernegatif thingking sama segala apapun… aku juga ceplas-ceplos… tapi aku juga bisa menjaga perasaan orang lain…
    tapi aku ngak bisa berteman sama orang yang melankolis.. karena bagiku aku sama sekali tidak cocok dengan mereka…
    hehehe..

  26. novallia
    Mei 31, 2008 pukul 2:54 am

    saya tidak tau, saya termasuk melankolis atw ap!

  27. Mei 31, 2008 pukul 7:22 am

    heLL0..
    gW L0m ta0 sft gw
    emNg se gw 0rng’y pLUpa crwEt,pgEn y6 perfct za,bNyaK nNya,sUka ngAyaL,L0 ktwa sUka ngAkAk
    V gw jg jrNg ng0m0ng ma 0rng y6 bL0m dkEt m gw..
    jd mNurUt anda gw ne tmsUk krkter pa..??
    Thnkx yUa

  28. de.kid'z.cooL
    Juni 6, 2008 pukul 3:31 pm

    akuh jadi bingung nih.. hmm…

  29. B.A.R.J.A
    Juni 6, 2008 pukul 3:33 pm

    i love piece and wanna be a champion…

  30. ari
    Juni 18, 2008 pukul 8:52 am

    hello..
    aq itu blm tau sifat dominan drku.
    kadang lebih memilih diam dan menghindar dari masalah, kadang kala hal kecil saja bisa bwt aq sakit hati, sering menahan marah ketika tugas kelompok tak kunjung dikerjakan brg..suka nongkrong bareng tmn2 dan ingin menjadi pusat perhatian..sebenarnya sifat aq apa ya, koleris, melsnkolis, sanguin, atau plegmatis, pernah di tes, hasilnya sih plegmatis, tapi kyknya aq gak percaya ama hasil itu.
    thankyu ahli…

  31. Juli 16, 2008 pukul 12:18 pm

    aku plegmatis melancholis kata temenku…

    wkwkwkwkkwkwkw

  32. asma
    Juli 31, 2008 pukul 7:26 am

    Oy, saya juga mau donk, di tes kepribadiannya,,,
    CZ q g yakin aq oRang yang kayak gmN,,,,
    kL da yang tau, aq bisa download dimana ya??

  33. xXx
    Agustus 1, 2008 pukul 10:45 am

    melankolis – sanguin

    2x tes hasilnya ttp sama

    ada tesnya lOoo, Mao ??

    @_@

  34. Agustus 3, 2008 pukul 6:08 am

    great..

    aku senang sekalin dengan buku personality code itu, aku juga menjadi kan buku itu sebagai dasar aku menulis tentang kepribadian.

    thank ya..

    good luck…

    by: Anton J

  35. Agustus 9, 2008 pukul 1:24 pm

    aq beberapa kali di-tes..
    dan hasilnya selalu Melankolis-Koleris..

    untuk zin, (komentar nomor 3)
    Untuk kasus seperti itu, berdasarkan buku Personality Plus (Florence Littauer) besar kemungkinan Anda adalah seorang Phlegmatis..
    Alasannya, terletak pada perubahan karakter Anda.. Karena ciri2 seorang phlegmatis adalah selalu ingin menyesuaikan dengan lingkungan (tidak mau melawan arus)..
    Kesimpulan: Zin, Anda seorang PHLEGMATIS..

  36. muhammad rizky faundra
    Agustus 13, 2008 pukul 6:19 am

    keren aku tpe orang melankolis ksama kplegmatis lho jangan s alah ya

  37. raras
    Agustus 29, 2008 pukul 8:23 am

    waduuh kok kepribadian saya lucu ya..
    koleris bgt, tapi sanguinis sama plegmatisnya yah hampir setara… trus yang melankolisnya malah jarang…
    ckckckckck… aneh~ apa kepribadian ganda nih saya?

  38. September 3, 2008 pukul 5:51 am

    koleris melankolis..hihihi
    *whaa..saya pikir selama ini melankoli itu tipe yg “melankolis”,,baru tau loh klo melankoli maksudnya ‘yang sempurna’.asliii*

  39. September 20, 2008 pukul 1:25 pm

    wah wah wah… seperti biasa, aku selalu koleris sanguinis

  40. muludtujuh
    September 26, 2008 pukul 9:08 am

    awak ni kayaknya melankolis & phlegmatis. Tapi lebih dominan phlegmatisnya. Awak ni kudu sering dimotivasi. thx, ahli atas infonya.

  41. warthnorule
    September 26, 2008 pukul 9:14 am

    39. warthnorule – September 20, 2008

  42. angi cute
    Oktober 22, 2008 pukul 4:46 am

    melankoli plhegmatis cocoknya kerja jadi apa ya??heheheh

  43. nia
    Oktober 23, 2008 pukul 11:26 pm

    melankoli itu saya..

    saya jg sudah mempelajari hal” tersebut di matakuliah saya(character building..)..

    bagus blog anda..sukses untuk blognya..

  44. H_A_M_S_T_E_R
    Oktober 25, 2008 pukul 4:56 am

    waduuuhh pilih yg mana nich..!!!
    tolong pilihin donk buat g..?/ g mo semuanya dech… blh gak..?/
    bearti g sempurna donk, soalny empat”nya ada semua di g…ha3
    peace ^^.

  45. Oktober 25, 2008 pukul 7:34 am

    melankolis – koleris

  46. eliza
    November 14, 2008 pukul 10:10 am

    dulu aq pernah ikutan tes gini..
    n aku msk klompok flegmatis-sanguinis,,
    yah aq sadar sih emg kadar flegmatis lbh dominan d diriku..
    tapi kadar itu katanya bs bubah..
    kalo misal aq ikutan tes lg tuh ya blm tentu flegmatis-sanguinis gt..
    coba dulu aaahhh..
    =)))

  47. November 16, 2008 pukul 6:02 pm

    I’m A Phlegmatic!

  48. November 16, 2008 pukul 6:12 pm

    Phlegmatic-Melancholy siiih..

    Jangan lupa.. Masih ada satu tambahan tipe karakter manusia selain 4 di atas..

    SUPINE – http://www.godswayservices.com/The-Supine.htm

    Sapa yang supine neh?

  49. aldrik
    November 18, 2008 pukul 7:31 am

    Makasih ya atas bacaan ni. salam kenal…….
    :D

  50. Cienk
    Desember 3, 2008 pukul 10:00 am

    kayanya sangunis koleris, soalnya ak sng bgt cerita tapi jg memimpin orang,.

    suatu saat ak jd bos yang bahagia terus..amin.

  51. Desember 12, 2008 pukul 12:09 pm

    Phlegmatis Melankolik itu saya… saya suka sama suatu hal yang berbau logika…
    ^^

  52. minerva
    Desember 24, 2008 pukul 6:00 am

    aq koleris melankolik
    adu ko jd ngerasa bnyk berbuat salah sama org2

  53. geminigal
    Januari 5, 2009 pukul 9:14 am

    Kalo gue waktu tes hasilnya itu sanguini plagmatis
    Padahal sifat ini bertolak belakang banget yah…??
    Ini mungkin yang dinamakan split personality…???Hehehehehe,,,ntahlah tapi kalo ngebaca definisi di atas tentang pembagian kepribadian ya itu tadi gue masuk dalam golongan sanguinis plagmatis….

    Yah,,,emang gue orangnya rada-rada kagak bisa ditebak…Satu sisi gue gapang panikan sisi lain gue kadang cool dalam menghadapi sesuatu…..Tapi gue suka hal2 yang berbau kebudayaan dan filsafat yang mana katanya itu adalah tipe2 melankolis….

  54. feochi
    Januari 7, 2009 pukul 4:44 am

    salam kenal,
    setelah membaca keterangan dan komentar diatas, ko saya rasa tipe saya gabungan dari 3 tipe:
    teratur, suka logika, suka menganalisa, tenang, relatif pendiam meski pada orang2 tertentu sering/banyak ngobrol, cenderung suka tantangan/gak suka monoton,cenderung memimpin/mendominasi,agak lama dalam pengambilan keputusan karena berorientasi pada target/hasil dan resikonya,kurang suka keramaian meski kadang ingin diperhatikan,suka ngenali sifat/tipe orang tapi gak tau sifat/tipe sendiri,,,hehehe, dll,
    apakah ada sifat gabungan melankolis-koleris-pleghmatis?
    trus sebenarnya dari sifat2nya saya masuk kategori apa?
    siapa ajah yang tau tolong dikasih tau jawabannya,and kalo ada file ato link tes kepribadian tolong kasih tau yaaa
    thank’s berat

  55. Februari 2, 2009 pukul 2:00 am

    i’m korelis too
    salam kenal

  56. mrs.marla
    Februari 7, 2009 pukul 4:39 am

    saya sanguin dgn didikan orangtua yg koleris,
    suami sy melankolis-koleris yg pendiam (tp luar bisa jago strategi & perfeksionis, fiuh..)
    sy sdh bc Personality Plus.bgs skl.
    Florence Littauer jg seorang sanguin yg bersuamikan melankolis-koleris,
    krn itu buku tsb bagus isinya (otak suaminya), sangat menarik tp kurang sistematis (khas Florence, hehe..)
    sy prnh bc bhw sebelum usia 30 org cenderung ingin pribadi yg sebaliknya,krn yg “bukan kita” pst terasa lbh menarik ;p
    sejak dulu sy merasa sy melankolis sejati & dgn bangga tanpa sungkan2 memproklamirkan hal tsb kpd semua org,sampai suatu hari sahabat sy memberikan sy buku Personality Plus…
    semua tes sy isi dgn kepercayaan diri seorang melankolis,tentu sj diprotes oleh semua org,sampai akhirnya sy mengisi tes tsb sambil “diawasi” oleh sahabat2 terdekat,hehehehehe….
    maka itu, Florence jg menyarankan agar kita mengisi tes tsb smb bertanya pd org2 terdekat yg btl2 mengenal kita ^_^
    Intinya,k4 pribadi tsb bagus semua & saling melengkapi.
    kl tdk ada org melankolis,dunia tdk bakal teratur,
    tdk akan ada penemuan, musik & hal2 indah lainnya..
    kl tdk ada org koleris,dunia tdk pny pemimpin,
    tdk akan ada negara & hukum..
    kl tdk ada org plegmatis,dunia tdk bakal damai,
    bakal byk perang krn semua org menuruti egonya masing2..
    kl tdk ada org sanguin,dunia tdk ceria,hehehe..
    So,siapapun kita,dunia tdk lengkap tanpa kita.
    just b yourself because u r special ^_^

  57. Ronald
    Februari 11, 2009 pukul 2:56 pm

    hmm klo co melankolis aneh gx c?? soalna gw melankolis sanguis

  58. Maret 1, 2009 pukul 7:53 pm

    Thx infonya…
    Sepertinya Gw termasuk Sanguinis Phlegmatis…..
    BTW emang ada gak variasi ini???

  59. odie banoreza
    Maret 2, 2009 pukul 8:46 am

    mas saya ijin minta sebagian tulisannya ya buat saya taro di facebook buat saya share ke temen – temen saya tentang pengetahuan ini. menurut saya bagus banget tulisannya. saya akan cantumin linknya dimana saya dapet tulisan ini.

    terimakasih banyak

  60. Rika
    Maret 9, 2009 pukul 5:06 am

    hhhhmmm…
    saya tipe phlegmatis..
    dan lucunya pasangan saya koleris,,
    ada masukan untuk kolaborasi sifat ini??

  61. Maret 12, 2009 pukul 3:50 am

    komposisi karakter bisa berubah2 kok
    gak selalu sama hasilnya tiap kita ikut tes kepribadian
    aku juga suka nulis tentang personality
    kapan2 kukutip ya dari sini :D
    makasih

  62. Maret 15, 2009 pukul 11:12 pm

    waw..wa..waw…

    guw jd berantem ma cE guw gara2 ginian..
    dia kan koleris…kl saiia MElankonis..

    Niat nya sii ngasih tau ini biar dia bisa tau pribadinya dia..

    eh gak tau na malah berantem
    katanya jelek2in pribadinya dia yg kl mau harus di ikutin ( egois )
    huft.,..dasar koleris mau nya diri sendiri…
    ahahahahahha tp dunia ini di ciptakan dengan seimbang..
    ada yg egois ada yg sabar…ada yg berjuang teguh ada yg gampank putus asa..

    makasih ya sOB buat postingan nya..

  63. Ray
    April 1, 2009 pukul 5:00 pm

    Wah… saya melankolis
    cocok seh sama kepribadian saya :)

  64. April 5, 2009 pukul 8:55 am

    hoho…
    makasih postingannya…

    berguna banget

  65. April 6, 2009 pukul 2:37 pm

    Saya berarti masuk orang Melankolis.
    Terima kasih artikelnya mas.

  66. Pemikir Negara
    April 7, 2009 pukul 2:54 am

    rata-rata orang indonesia emang melankolis….

  67. April 11, 2009 pukul 2:32 pm

    kolerissssssssssanguin

  68. Ryma
    April 26, 2009 pukul 2:50 am

    saya koleris melankolis

  69. ERNHY
    April 28, 2009 pukul 4:13 am

    HUY SAYA SANGUIN COCOK BANGT DECH DENGAN KEPRIBADIAN SAYA… TAPI SAYA MAU NANYA APA KEEMPAT SIFAT RESEBUT ADA DIDALAM DIRI SETIAP MANUSIA…??????

  70. Mei 4, 2009 pukul 8:44 am

    gw plegmatis dan melankolis hehe

  71. oscar harris
    Mei 5, 2009 pukul 8:14 am

    wew ternyata setelah 3 tahun kepribadian saya blom berubah
    msh maste altruis
    saya kira seiring berjalan nya waktu kepribadian akan berubah
    ternyata tdk

  72. andi
    Mei 6, 2009 pukul 2:57 pm

    bisa gak ya sifat2 koleris,melankolis,sanguinis,flegmatis itu dicontohin dalem peran2 yg ada di film-film kalo bisa di karakter2 yg memerankan film barat,atau ga usah jauh2 di film indonesia aja,maksud gw supaya bisa tau kepribadian itu kaya gimana

    contoh yg saya tau ya,,sorry ya kalo salah :

    1.bob hoskin,the dogs : melankolis
    2.Dart vader,star wars : choleric
    3.superman : choleric
    4.peter parker,spider man : choleric
    5.chris taylor,platoon : plegmatis

  73. andika
    Mei 6, 2009 pukul 2:59 pm

    bisa gak ya sifat2 koleris,melankolis,sanguinis,flegmatis itu dicontohin dalem peran2 yg ada di film-film kalo bisa di karakter2 yg memerankan film barat,atau ga usah jauh2 di film indonesia aja,maksud gw supaya bisa tau kepribadian itu kaya gimana

    contoh yg saya tau ya,,sorry ya kalo salah :

    1.bob hoskin,the dogs : melankolis
    2.Dart vader,star wars : choleric
    3.superman : choleric
    4.peter parker,spider man : choleric
    5.chris taylor,platoon : plegmatis

  74. Aldhy
    Mei 13, 2009 pukul 1:20 am

    melankolis bisa g sich jd sanguinis?????

  75. Mei 13, 2009 pukul 1:31 am

    bisa ga sich ke 4 sifat itu ada dlm 1 org ?
    & gw khan melankolis tapi gw g teratur and g suka ama yang rapi2 gimana tuch??

  76. okta
    Mei 17, 2009 pukul 1:52 am

    untuk kepribadian yang berbeda beda emang sulit bagi kita memahami karakter orang lain yg kadang ga bisa diterima hati. tetapi dengan kita memahami 4 pola watak ini kita bisa lebih memiliki options solusi untuk membantu meminimalisir gesekan-gesekan dalam hubungan antarmanusia.

  77. pengamat film
    Mei 17, 2009 pukul 1:29 pm

    Peter Parker choleric !!!?? gx salah tuch.setau aku sih Peter Parker dlm film Spiderman dia orangnya kalem ,agak adem-ayem,n ramah kayaknya cenderung ke plegmatis deh.sama kayak Frodo (LOTR) orangnya juga mirip-mirip Peter Parker gitu dech.

    Kalo karakter kolerik tuh menurut aku kayak Aragorn(LOTR),Terminator,Superman juga kayaknya dominan koleris.ya pokoknya yang berani2 n rada sangar dikit

    Kalo sanguin juga banyak bGt yang masuk biasanya dlm film2 KoMedi.yang agak dikit melankolis kayaknya

  78. ega
    Mei 23, 2009 pukul 8:29 pm

    hehe saya melankolis-phlegmatis

  79. lei
    Mei 24, 2009 pukul 7:33 am

    Gue koleris melankolis, pintar brbicara ddpn org, emosional, ambisius, prestasi akademik bagus, kurang bgt suka angka dn hitungn, frank, sbenernya gue dlu pernah b2 buku itu smpe tuntas. dng sifat itu cocok ga dng profesi diplomat??

  80. Dwi
    Mei 24, 2009 pukul 10:44 pm

    Assalamualaikum…TFS tulisannya ya…Boleh dilink di FBku kan?:)

  81. al.akhwat
    Mei 25, 2009 pukul 3:21 am

    Plegmatis yang damai… melakolis yang perfect.. gue banget tu. Pendieum,, Cool.. cuek, kalem.. tapi saking plegmatisnya, kata temen2 saya kadang dibilang tidak menghargai orang lain.. tidak peduli orang lain, individualis.. tapi juga saking melankolisnya, saya dibilang.. wanita cengeng.. sensitif.. berhati lembut hampir benyek .. salah ye..

  82. Maulana Rifaldi
    Juni 6, 2009 pukul 11:48 am

    Copy ah,, boleh khaaan

  83. sukhoi 150
    Juni 9, 2009 pukul 3:29 am

    gw Melankolis koleric.. banyak juga yang MeLankoLer dari netter diatas.

    Rasul adalah Panduan kita sampai akhir Zaman.. Bahkan Kepemimpinan RasuL telah di teliti oleh peneliti barat sehingga RasuL diberi geLar Pemimpin Yang PaLing IdeaL (Berpengaruh!!!!!) dan saya ingin seperti BeLiau

    Tapi Saya juga ingin Tau apakah Rasul itu Melankolis / Koleris / pLegmatis / Sanguinis ??

    saya malas untuk mencari2 yang TIPE terbaik… cukup RasuL saja yang jadi PAnduanku. cape klo cari2 sendiri dari awal, mendingan liat yang udah ada aja. save energy dan save time.
    i believe in EvoLution. From Adam to Muhammad.

    terima kasih
    salam

  84. Dewi
    Juni 11, 2009 pukul 1:14 pm

    ada gak yg sanguinis melankolik?
    seperti saya seperti itu

  85. sukhoi 150
    Juni 19, 2009 pukul 12:42 pm

    Gak usah pada bingung lah… Mari kita Lihat Rasul SAW aja… coba kaLian amati RASUL itu kayak apa.

    semoga BeLiau menjadi Acuan kita untuk merubah kepribadian kita. Menurut saya Rasul itu semua pribadi masuk.. kecuali Sanguinis.. karena Beliau bicara seperlunya aLias bukan perkataan yang sia sia dan rendah hati.

  86. bulu bulu
    Juni 29, 2009 pukul 6:28 am

    aku kayak nya phlegmatis.
    makasii atas info nya :D

    • noury
      Oktober 7, 2009 pukul 4:58 am

      sama dunk aq jg kepribadiannya dominan phlegmatis alias”peach love”,,,tq.caho…o..

  87. Uik Uk
    Juli 9, 2009 pukul 4:22 am

    30% Sanguinis, 30% Melankoli , 20% Koleris, 20% Phlegmatis

  88. yuliadoank
    Juli 28, 2009 pukul 2:44 pm

    salam kenal…
    aduh kebetulan saya melankolis nie…
    ada enak ada gaknya ya jadi melakoli cz kadang orang kesal dengan diem nya ci melankoli,,
    eh,,lw boleh minta saran apa yang harus saya lakukan menghadapi kata2 orang kal melankoli itu kan cenderung pendendam..

  89. ayu agusti ws
    Juli 31, 2009 pukul 1:02 pm

    mau tanya apa aja contoh-contoh dan pengertian dari kepribadian koleris!
    balas di email aku zalk_was@yahoo.co.id

  90. Agustus 10, 2009 pukul 5:32 am

    melankolis 99,99%^^

  91. Amarendra
    Agustus 16, 2009 pukul 3:30 am

    Kadang Phlegmatis, kadang melankoli, kadang phlegmatis melankoli

  92. Agustus 21, 2009 pukul 3:12 am

    Ternyata banyak juga yang tertarik sama kepribadian ya. Mohon maaf sekali lagi untuk teman2 yang ngajuin pertanyaan2..
    Saya cuma share aja tentang topik ini karena saya tertarik banget. Tapi bukan berarti saya ahli psikologi lho. Jangan salah sangka sama title blog-nya ya, coz ‘ahli’ tuh nama asli saya :)

    Btw, apapun kepribadiannya. bagi saya tiap orang pasti punya sisi positif. Nah, tinggal gmana pinter2nya kita nonjolin yg positif dan berusaha mengurangi yg negatif supaya jd lebih baik lagi. Soal kepribadian yang bisa diubah atau enggak, mnurut saya tiap orang bisa berubah asal ada niat. tapi tetap ada sifat2 dasar kita yg udah terbentuk dari kecil yang ga bisa kita ubah.

    Makasi atas kunjungannya ya teman2 :)

  93. Arya Tegar Pratama
    September 4, 2009 pukul 8:28 am

    Maaf ya…saya mau tanya,kalo orang yg melankolis-sanguings bisa akrab dengan orang yg kepribadiannya sama dgn dia ga?

    • YR
      September 22, 2009 pukul 9:26 am

      Biasanya iya, tetapi jarang ada hybrid Melankolis – Sanguinus menurut ahli Psikologis.

      • derbie
        Januari 14, 2012 pukul 3:30 am

        saya melankolis sanguinis

  94. Aisyah
    September 30, 2009 pukul 6:59 am

    kalau di atas banyak yg melankolis-sanguinis, saya justru sanguinis melankolis… tp banyak blog2 seperti ini yg mengatakan bahwa sanguin-melankolis /melankolis-sanguin dan plegmatis-koleris/koleris plegmatis itu tidak mungkin ada karena sifatnya berlawanan…apakah itu benar? bila benar, lantas saya sanguin dan apa???

  95. Oktober 9, 2009 pukul 6:10 am

    hmm klo saya termasuk Sanguinis…..

  96. Xyz
    Oktober 15, 2009 pukul 1:59 pm

    Tman2 pliz ad yg bsa ksh penjelasan k gw gax cz GW AMAT TERSIKSA DENGAN DIRI GW SENDIRI …

    Selalu ada tarik2n em0si di jiwa gw dan ini berlangsung DALAM WAKTU LAMA

    c0nt0h kasus saat gw jalan ma tmen2 gw , saat mereka pd ng0br0l ad keinginan SANGAT KUAT di jiwa gw wat ng0br0l jga ma mreka , tp satu sisi ad keinginan yang GAK KALAH KUAT di diri gw untuk diem aj dan pikiran gw berantem antara BAYANGAN PESIMIS ALA MELANKOLIS VS LELUCON2 KONYOL ALA SANGUINIS , ujung2nya PERASAAN GW AMAT GAK NYAMAN , PUSING HEBAT N TANGAN KAKI GW LEMES GAK JELAS

    Karena it smua w jadi dicap ama tmen2 gw sbg anak aneh cz sikap gw yang selalu gag jelas walo w jga dikenal pintar , puitis , ambisius , n selalu jadi ketua kelomp0k , gw jg gak tau BAGAIMANA SIFAT GW SESUNGGUHNYA krena sperti ad k0nflik di PIKARAN n EM0SI gw sampe skarang …

    Pliz tman2 yg ilmunya luas , kasih penjelasan APA YANG HARUS GW LAKUKAN ???

  97. Xyz
    Oktober 15, 2009 pukul 2:08 pm

    Satu lagi , w jga sering berantem ma 0rtu krena 0rtu kya gak ngerti perangai gw , n gw jga kya gak nyambung curhat ma dy , gak jarang terlintas di pikiran gw wat bunuh diri cz W GAK TAHAN DENGAN KONFLIK EMOSI INI …
    Mungkin aneh didengar tman2 smua tp it yg t’jadi d kenyataan gw, Pliz tman2 kasih gw s0lusi … Trims very sangad wat s0lusinya …

    • putri
      September 19, 2010 pukul 4:45 pm

      yang sabar ya..
      kayaknya kalo melankolis disuruh jadi sanguinis emang berat bgt..
      dan udah pasti bakal terjadi pergolakan batin yg amat berat.
      saran saya, tenangkan diri dulu.
      utk sementara, jgn biarkan temen2 kamu itu mempengaruhi kamu dulu.
      relax dulu. tarik dirimu dari kehidupan duniawi.
      trus coba kamu berpikir, kalo aku lakukan A jadinya apa, diliat sisi baik buruknya, trus kalo lakukan B jadinya apa.. diliat jg sisi baik buruknya.
      kamu ngga perlu berubah total. mungkin ada 1 ato 2 hal yg perlu diubah, tapi itu ngga menjadikan kamu dari melankolis 100% jadi sanguinis 100%. ambil baiknya, buang buruknya.

      kalo kamu lagi ga kuat, coba konsultasi dgn psikolog yg baik dan bisa dipercaya. daripada hidupmu hancur karena satu permasalahan mengenai cara berpikir n cara hidup, ya mending konsultasi aja ke ahlinya.
      ato kalo ngga, coba konsultasi dgn pemimpin agama kamu, misal kyai, romo, biksu, pendeta, dll. dan ingat, dalam agama, sudah ada panduan tuk hidup kita. panduan utama kita ada di situ.

      semoga berhasil mengatasi permasalahan kamu :)

  98. Ar-Razy Muhammad
    Oktober 19, 2009 pukul 5:55 am

    Aku Melankoli yang Sempurna

  99. Muhammad Rangga Rajabi
    November 9, 2009 pukul 7:24 pm

    saya 27% melankolis, 25% kolerik, 25% plegmatis, 23 % sanguinis. Jadi saya masuk melankolis kolerik ato melankolis sanguinis? dan dari keempat itu cenderung merata… gimana jadinya??

  100. diana as
    November 12, 2009 pukul 3:18 am

    iyaaa..aku sdh baca bukunya n aku bagikan jg ke teman2 & kel..
    hasilnya,, luar biasa..setiap kita jd bnyk berubah ke arah yg lbh baik…krn jd mengerti kekurangan2 diri kita n bgm cr menanggulanginya…
    tks Florence Littauer….Jbu

  101. icha_liz
    Desember 14, 2009 pukul 4:09 am

    great article…
    ^_^
    i like it

    • Januari 7, 2010 pukul 1:43 am

      terima kasih
      semoga bermanfaat ya :)

  102. Januari 2, 2010 pukul 7:11 am

    Gw Melankolis 95%….
    …..

    • Januari 7, 2010 pukul 1:45 am

      wah bisa dishare tuh gmana kehidupan sehari2nya seorang melankolis :)

  103. riograd
    Januari 5, 2010 pukul 6:49 pm

    dengan membaca, mengerti jenis2 karakter ini kita bisa lebih introspeksi diri untuk menjaadi labih baik…. @_@

    thank 4 the article

    • Januari 7, 2010 pukul 1:44 am

      sama2 :)
      semoga bermanfaat ya

  104. mbantie
    Januari 12, 2010 pukul 6:01 am

    koleris melankolis gw banget .. ^^

  105. Aal
    Januari 12, 2010 pukul 12:28 pm

    Saya..coleris yang melankolik..watak coleris mendominasi hampir di semua lini dan berkehidupan…namun saya nyaman dengan adanya sifat yg tak mau kalah dan goal oriented ini.maklum marketing.. ga ada target serasa tak bernyawa..:D.
    Salam kenal sang “Ahli”

    • Januari 27, 2010 pukul 10:39 am

      Salam kenal juga Pak Aal..
      wah marketer sejati ya :D

  106. Januari 27, 2010 pukul 3:30 am

    terima kasih untuk tulisannya

    • Januari 27, 2010 pukul 10:40 am

      sama2 ‘Dunia Friska’ :D
      semoga bermanfaat ya

  107. aiiu
    Maret 8, 2010 pukul 2:17 am

    aq Phlegmatis bngt ..
    ^^

  108. andienchandra
    Maret 14, 2010 pukul 5:54 am

    akuu..aduuh..tnyata tipe koleris-sanguin. Wahahhaaa, gapapa deh,.. Emng kdang2 ak sarkas sih. Makasiii infonyaaa :)) LOL

  109. ali
    Maret 24, 2010 pukul 4:31 am

    ada tes kepribadian online ga?dimana?

  110. nias
    April 11, 2010 pukul 2:00 pm

    di buku personality plus itu aku dapet melankolis+sanguitis+sedikit koleris

  111. Tajabz
    Mei 5, 2010 pukul 12:06 pm

    Waduh ini dah bantu mengerjakan tugas kecakapan ane gan.. thx yoo

  112. vikram
    Mei 9, 2010 pukul 1:54 am

    ikut sharing donk… kalau masih balita bisa ketahuan gak tipe-tipe nya?

  113. Mei 12, 2010 pukul 4:30 pm

    trim untuk postingan nya..bermanfaat banget bwt aku..

  114. nicky
    Mei 15, 2010 pukul 12:13 pm

    melankolis tuh gue …………………

  115. adh22play
    Mei 21, 2010 pukul 10:16 am

    keren tulisannya…..
    saya cba2 d facebook ada games test kepribadian, dan hasilnya pleghmatis…
    tapi tak baca di blog ini saya juga agak sanguinis.. karena saya krg teratur… hehehe..

    ilmu saya nambah lagi….

  116. Mei 22, 2010 pukul 2:51 pm

    bro,, I is I not me..

  117. Rizqy
    Juni 1, 2010 pukul 3:39 am

    kalo q sanguinis tapi juga koleris…cuma dominan sangunis….tergantung situasi dan kondisi seh….mnurutq kpribadian bisa diubah asal mau berubah mnjd lebih baik,…tul ga???

  118. Juni 13, 2010 pukul 9:58 am

    Plegmatis,,, Koleris me hehe :)

  119. wisnu
    Juli 4, 2010 pukul 8:41 am

    Hmmmm…… gmana ya……
    q bingung juga di tempat lain q termasuk plaghmatis tapi di
    tempat lain q palah termasuk KOleris, jadi ap?????
    Bingung 100x

  120. Juli 4, 2010 pukul 9:09 am

    kalo agamis itu yang paling baguss….

  121. ery sofian
    Juli 22, 2010 pukul 3:12 pm

    buatkan diagram tes dalam bahasa indonesia,jujur sya kaga paham bahasanya…tadi sya coba tes-tes hasilnya…saya melancolis 38 % dan plegmatis 28 % sanguin 10% dan coleris 25%….namun saya masih blum yakin dg terjemahan saya….

  122. forsanto tambun
    Juli 25, 2010 pukul 2:07 pm

    saya sekarang jadi ngerti.masuk sifat yang mana
    sayasifat sangunis. kalau bisa, gimana cara merubah sifat supaya sifat saya
    melankoli

  123. achmad
    Juli 29, 2010 pukul 6:52 pm

    sanguinis melankolis……………

  124. piet
    Agustus 5, 2010 pukul 12:24 pm

    ko aq ngrasa ke 4 karakter tersebut ad di aq ni gmn?
    aq jadi binun..
    aq awalna mengira sanguinis..
    tapi setelah aq baca..sifat” yg ad di 4 karakter tersebut ada di aq semua..
    huuaaa..

  125. Agustus 7, 2010 pukul 10:20 am

    melankolis + plegmatis

  126. arif
    Agustus 8, 2010 pukul 6:37 am

    ap2n itu,iyulh kta .prcma kt th tp tk mau mngrti

  127. Agustus 16, 2010 pukul 12:22 pm

    aneh, udah hari ini saia termsk 4 karakter itu.
    tadi pagi saia melankoli, abis itu saia jadi sanguinis.
    terus tadi siang jadi koleris, sekarang malah koleris.
    saia kalau sifat sering tergantung mood sih. :P

    • Agustus 16, 2010 pukul 12:23 pm

      maksud saia, sekarang saia malah phlegmatis.
      misstypo. ==a

  128. akmaliah
    Agustus 19, 2010 pukul 7:10 am

    phlegmatis melankolis

  129. nadialovegood
    Agustus 20, 2010 pukul 10:13 am

    yap, aku melankolis pleghmatis

  130. julaii
    Agustus 29, 2010 pukul 4:55 am

    sanguin-plegmatik :)

  131. Agustus 29, 2010 pukul 9:55 am

    saya koleris banget…. kecendrungan koleris adalah tidak sabaran pada yang namanya klemar-klemer. bila punya keinginan selalu ingin mewujudkan, dan kadang2 keinginan datang bertubi-tubi tetapi selalu bersemangat dan selalu punya energi untuk memikirkan hal lainnya…… yang cape malah orang lain yang meliat….. gimanaa?

  132. putri
    September 19, 2010 pukul 4:36 pm

    dulunya saya melankolis banget.. pas masi kecil..
    trus pas smp jadi melankolis dan sedikit sanguinis, karena kebawa lingkungan sekitar..
    kurasa pas bertambahnya elemen yg berlawanan yaitu antara melankolis dan sanguinis, rasanya hidup kyk mau ancur.. sbab banyak hal yg berlawanan.. dan sering kali aku memaksakan melakukan sesuatu sehingga aku ga menjadi diriku sendiri..
    dan kemudian pas sma hingga pas kuliah ini makin melawan diriku sehingga makin sanguinis.. dan celakanya aku makin banyak mendapat sisi buruknya sanguinis..
    dan hampir terbalik prosentasenya jadi sanguinis melankolis..

    kurasa kalo pribadi yg elemen nya berlawanan spt melankolis sanguinis itu.. pasti sedang sering mengalami gejolak deh.. apalagi kl 50%melankolis 50%sanguinis

    saran bwat temen2 yg melankolis tapi hampir berubah jadi sanguinis..
    jangan terlalu ngikut sisi buruknya sanguinis..
    kalian ngga perlu keseringan ngomong tanpa mikir kok.. meski kalian diejek.
    temuin aja penyebab hal2 kamu diejek tu apa, dan pikirkan jangka panjangnya perbaikan apa yg harusnya kamu lakukan. kalian ngga harus berubah 180derajat jadi orang yang sama sekali berbeda dgn kalian yg asli.

    be ur self, tetapi jika kamu sendiri, kata hatimu berkata kalo itu buruk (bukan karena kamu diejek orang lain) ya kamu bisa coba berubah dan lihat hasilnya. bisa jadi lingkungan kamu yg buruk dan kamu yg benar. tapi bisa jadi juga.. kl km terlalu keras kepala dgn kebiasaan burukmu itu. cobalah jadi lebih bijaksana. ingat dengan ajaran agama kita, disitu ada panduan hidup buat kita.

    semoga sukses semuanya :)

  133. sabita
    September 26, 2010 pukul 9:55 am

    aku melancolis-koleris (^^,) suka bgt dgn ini aku jadi tau aku golongan yg mana. .

  134. aryan andra
    Oktober 31, 2010 pukul 9:48 am

    wah.. kykna aq ni sanguinis .. cz pas bgt ama realitas kehidupan aku.. awkakakak…

  135. November 10, 2010 pukul 4:02 am

    Denuzz sering banget ikut tes kepribadian yg model ginian, alhamdulillah tiap tes yang Denuzz ikutin bisa memenuhi kriteria …
    setelah membaca postingan ini, Denuzz sepertinya orang yang Koleris deh … :D

  136. November 11, 2010 pukul 8:45 am

    kyaknya aku koleris banget, tapi jg ada dkit sih sanguinisnya,….
    jadi mungkin koleris-sanguinis.
    pribadi apa yang tepat untuk kepribadianku ini ?

    • November 11, 2010 pukul 8:52 am

      guwe kagum ma orang yang bersifat pleghmatis. ketenangannya memberikan inspirasi bagi kami.
      sebaliknya gwe benci banget ma orang yang sok mimpin, sbenarnya dia bukan koleri, tapi dia sok ingin memimpin seperti sifatnya koleris yang kuat.

  137. November 11, 2010 pukul 8:57 am

    Sifat guwe itu koleris banget, q gk suka ma sfat gwe ndry, tp untungnya sfat gwe tu dominan ma sfatnya sanguinis. bersyukur deh guwe…………

  138. reza
    November 12, 2010 pukul 3:40 pm

    sifat gw adalah dominasi antara sanguinis dan plagmatis. aneh ga ya??????????

  139. putriie
    November 20, 2010 pukul 7:41 am

    wah,,,
    akku yang mana yaa….:)
    haha….

    kok,, semuanya adda yaa,,,:p
    hmm,, OMG…
    wkwkw

    • Agustus 7, 2011 pukul 4:35 pm

      tdk mungkin lah gk ada, pasti ada tuh…

    • Agustus 7, 2011 pukul 4:36 pm

      4 kepribadian ya? woww..

  140. githa puspita
    November 27, 2010 pukul 2:37 pm

    hmm sifat ku adlh koleris….
    tapi gmn yaa dgn sft koleris itu org2 suka dgn ku :(

  141. fachri mind
    Desember 2, 2010 pukul 3:16 am

    saya waktu sma sanguin cerwet .kuliah jg pragmatis mendekati autis lah….hahahah hebat bs berubah2

  142. Desember 18, 2010 pukul 11:16 am

    menurut pengamatan saya,saya dominan sanguinis – koleris tapi sangat dominan sanguinis.
    tapi sy masih ingin mengetes diri saya dengan tes kepribadian it, tapi knp page loaded error ya?

  143. zakhruf
    Januari 7, 2011 pukul 5:37 am

    melankolis sempurna. tingkah teman-teman yang tidak sesuai harapan sering membuat kesal dan bikin sakit hati. nggak enak jadi orang yang sulit memaafkan.sangat patuh pada atasan. memendam perasaan…. oh,,, melankolis sempurna……..

  144. Januari 8, 2011 pukul 5:07 am

    ternyata saya melankolis plegmatis ^^

  145. esti
    Januari 24, 2011 pukul 12:59 am

    koleris plus pleghmatis itulah aQ

  146. tcHiphiw Rezpectorr
    Januari 27, 2011 pukul 8:39 am

    MelAnKoliiZZZZZ……!!!!!
    itulah aQ…….
    cCii cwek yg paling ilfeel liat oranx jorok…..
    hihihih…….
    walupun Q agkk cdiikiiit jorokk ccii…..
    hheheheheheheeh…….pizzzzz

  147. Januari 28, 2011 pukul 12:47 pm

    Gw Melankolis…. Btul2…

  148. Februari 23, 2011 pukul 4:47 am

    melan kolis itu selalu lembut…

  149. ayu retno
    Maret 8, 2011 pukul 5:44 am

    lo akku sich pleghmatis ,,
    ckitckitckit ,, hckhckhck ,,

    • muarif leo
      Mei 12, 2011 pukul 3:31 am

      saya suka gaya km……

  150. yulius
    Maret 13, 2011 pukul 5:18 am

    wah sanguinis ane bnged tuh gan

  151. Syahrir
    Maret 15, 2011 pukul 3:00 pm

    Klo q sich melan n plegma….

  152. rudi,,,,
    Maret 15, 2011 pukul 3:46 pm

    makasih infox ,,,
    semoga bermanfaat bwt saya bisa lebih memahami orang lain,
    salam kenal…

  153. vee
    Maret 18, 2011 pukul 10:56 am

    hmm… menurutku ak sanguin melankolis…. aneh kan… sanguin n melan kan 2 kepribadian yang bertolak belakang….

    dulu ak plegmatis…. rasanya akhir-akhir ini plegmatis mulai ilang….. tapi masih sisa dikit…. akhir2 ini memang ngerasa sering g is kontrol emosi… jadinya klo marah y marah… klo dlu masih ngenggap bercanda biasa…..

    baik g sih klo nunjukin klo kita lagi marah??

  154. Maret 20, 2011 pukul 1:27 pm

    Aku koleris melankolik dong…

  155. zly wahyuni
    Maret 22, 2011 pukul 11:34 am

    wah,, aku sanguinis bgt.. suka heboh sendiri,, curhat nih.. sekarang kan mau pelantikan ketua bem.. nah kan saya ketuanya ,, wakil saya itu orgnya melankolis bgt jadinya sering gesekan trus sebel2an krn sering ga cocoknya.. hmmmm, trus kata senior saya harus paham 4 tipe dasar manusia ini biar ga salah menempatkan pengurus2 baru .. cukup sulit juga ternyata.. org sanguinis kayak saya harus sok2 berwibawa dan tidak terlalu heboh sendiri di hadapan calon anggota BEM..

  156. Linux Bamaisyarah
    April 11, 2011 pukul 4:50 am

    Sama dounk…
    Ane juga koleris melankolis…

  157. Rahmyn che'
    April 17, 2011 pukul 6:45 am

    baru tau…
    Aq ternyata Melankolis-Koleris…
    Hmmm… :)

  158. Mei 3, 2011 pukul 4:57 am

    mungkinkah seseorang itu koleris dan plegmatis?

  159. ade
    Mei 30, 2011 pukul 1:19 am

    hahaha…selamat berjibaku dengan korelis melankolis…kebayangkan stressnya deket orang 2 begitu buat gw yang korelis sanguinis…

  160. Mei 30, 2011 pukul 5:02 am

    Terima Kasih atas info-nya ya, berguna banget

  161. Juni 1, 2011 pukul 9:15 am

    gua melankolis dan flegmatis

  162. leonardo
    Juni 10, 2011 pukul 4:39 am

    gw plegmatis cuy.,.,. trasa bnget.,,,

  163. Asha-chan
    Juni 28, 2011 pukul 12:01 pm

    Hahaha, saya perpaduan singuinis dan melankolis *aneh banget kan? padahl bertolak belakang!*
    Dulu saya kira saya ini gila, abis ketawa langsung nangis, moody, kadang pinter kadang dodol, wkwkwk… rupanya gabungan singuinis dan melankolis :D
    Oh ya, melankolis juga dapat mengingat sesuatu secara mendetail lho :D

  164. Surya
    Juli 5, 2011 pukul 7:47 am

    Wah, kemarin abis tes kepribadian, dan ternyata hasilnya KOLERIS!!!!

  165. Juli 12, 2011 pukul 5:08 pm

    setiap, watak serta sifat setiap orank berbeda”,,,,,,itu lah arti bersosil kpd masyarakat kita bisa bersatu dngan mereka, walapun tidk memandank, ia berwatak koleris, melankolis, plegmatis dan sanguanis.

  166. Agustus 7, 2011 pukul 4:32 pm

    Aku 100% melankolis. aku pernah mengikuti test kepribadian pd acara training motivasi di kampus. ttp wkt itu aku tdk begitu ambil pusing, skrg aku sadar aku melankolis.. :)

  167. Agustus 21, 2011 pukul 6:37 pm

    saya sama halnya apa yang di katakan teman saya,bukan saya yang mengatakan pada teman saya,bawasanya saya tipe orang kholeris agak melancolis..

  168. Agustus 22, 2011 pukul 3:04 pm

    Terima ksih atas infonya,,,,berkat infonya Alhamdulillah saya dah sadar terhadap diri saya

    • September 27, 2011 pukul 6:10 am

      Sama2 :)

  169. September 24, 2011 pukul 7:41 am

    Kok, kya’nya q orang yg tipe sanguninis yaw ??? tanya.com

  170. September 26, 2011 pukul 7:42 am

    Thank goodness some bloggers can still write. Thank you for this read

  171. ndayu
    Oktober 11, 2011 pukul 5:09 am

    gak bs ditampilkan gitu testnya.. ssya kyaknya ada dua. sanguin n koleris.. tu gmna?

  172. Oktober 21, 2011 pukul 1:20 am

    thanks bged buat info’y……

  173. Oktober 29, 2011 pukul 3:01 pm

    abis baca buku personality plus baru pengen nyari lebih dalem lagi tentang watak-watak manusia…….
    semua memang terlihat jelas kalau kita bisa melihatnya. Amazing !!

    -phlegmatis melankolis-

  174. inyound
    November 6, 2011 pukul 10:34 am

    saya sanguinis melankoli,
    tulisannya bagus,
    cuman kurang lengkap,
    gak apa2 sich kan cuman blog, :D

  175. November 17, 2011 pukul 6:12 am

    akkoo apa yah? empat2nya juga boleh? ;-)

  176. rizky awal mulya
    November 27, 2011 pukul 9:14 am

    waahhhhh…. melancolis + plegmatis = saya

  177. Desember 15, 2011 pukul 7:09 am

    aku melankolis

  178. sr.Gratia,OP
    Januari 29, 2012 pukul 8:13 am

    baguslah buat pengetahuananak2 muda yang masih bisa membentuk diri paling tidak sampai umur 40 masih bisa berub ah. Tetapi kalau sudah lebih dari 40 th umurnya ya sudah terbentuk kepribadian jeni yang mana.semoga banyak kamum muda baca . so pasti bergunalah.

  179. sr.Gratia,OP
    Januari 29, 2012 pukul 8:15 am

    bagus PF buat mahasiswa psikhologi

  180. Februari 12, 2012 pukul 10:35 am

    kayaknya aku Plegmatis-melankolis…
    dimana ya bisa test….

  181. Februari 12, 2012 pukul 1:09 pm

    ane gabungan semuanya bro..

  182. satria
    Februari 16, 2012 pukul 5:08 am

    Saya Gagal dapet beasiswa gara-gara punya sifat korelis-sanguinis waktu tes kepribadian hahahahahaha padahal udah susah2 lulus tes TOEFL sama TPA tapi emang klo dalam dunia kerja dan pendidikan banyak mencari orang2 yg melankolis makanya klo nati dapet tes kepribadian lagi gw isinya lebih ke melankolis biar lulus hehehehehe !

  183. Februari 21, 2012 pukul 2:33 am

    mau tanya bos … blog aku kok g’ bisa buat tambah posting lagi ya…. kira-kira apanya yang rusak … mohon petunjuk nya…http://distrosantri.co.cc

  184. Februari 26, 2012 pukul 7:29 am

    gw klo lagi santey masuknya melankoli phlegmatis,
    klo lagi serius atw emosi berubah jadi koleris melankolik,
    wajar ga ya ? huehue

  185. Dian
    Maret 11, 2012 pukul 4:14 am

    mb’ .. mw nopi boleh ga??

  186. April 2, 2012 pukul 1:12 pm

    Lw Aq KyakX Koleris Plegmatis

    Tapi Kok Kayaknya Ngak Balance ya Kadang Aq Dalam Organisasi Masih Belum Bisa Dalam Mengkoordinir Anggota

    Gmn Ya solusinya???

  187. April 9, 2012 pukul 6:17 am

    AKU KOLERIS 35 % MELANKOLIS 25 % haduhhh gak ada yang bagus bagaimana ini :'(

  188. Mei 22, 2012 pukul 12:03 pm

    melankolise

  189. Mei 25, 2012 pukul 2:34 pm

    Owh,, saya tidak mengira ternyata buku Florence lebih laris dari yang saya pikirkan…

  190. DFT
    Juni 5, 2012 pukul 10:26 am

    aku phlegmatis….
    tapi ada tempat tes yg lain ndak?
    yg http://www.oneishy.com/personality/personality_test.php ndak bisa di buka/eror

  191. Juni 6, 2012 pukul 9:07 am

    Mungkin Kalo Sy termasuk Sangunis Melankolis
    tetep bisa jd populer dimnapun berada banyak omong pelupa juga iy
    full power tetapi jg penuh dengan pemikiran dan analisa yg kuat dlm mengambil keputusan,,,

  192. lydia aprilia
    September 19, 2012 pukul 6:44 am

    kalau aku sanguin dan melankoli

  193. izza
    November 13, 2012 pukul 12:55 pm

    plagmatis mekankolis??aq buanget…

    • ahmad sidik
      November 11, 2013 pukul 7:45 am

      izza kamu kok kamu sama kayak aku?

  194. Desember 9, 2012 pukul 6:45 pm

    koleris sifat istri ku sanguins aku …..

  195. donny
    Desember 16, 2012 pukul 10:05 am

    sanguin-korelis ? gw banget..

  196. ahmad sidik
    November 11, 2013 pukul 7:43 am

    aku udah lakuin tes dan hasilnya selalu plegmatis, melankolis, sanguin dan koleris poinnya paling kecil.
    kalo plegmatis berarti elemen air, aku jadi ingat yahiko dan hokage ke-2, yang ganteng itu wajahnya mirip aku. hehehe.
    kalo melankolis itu tanah aku jadi ingat deidara dan ghara. tapi deidara agak koleris juga.
    kalo sanguins adalah elemen angin kalian pasti akan ingat sama naruto yang sifatnya periang dan banyak bicara, juga memukau apa yang di bicarakannya.
    kallo koleris adalah elemen api kalian pasti akan membayangkan sasuke yang sifatnya mirip koleris.

  1. September 6, 2010 pukul 9:05 am
  2. April 15, 2011 pukul 8:27 am
  3. Agustus 21, 2011 pukul 5:51 pm
  4. Oktober 3, 2011 pukul 10:06 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: